Welcome to My Zone

Minggu, 30 November 2008

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

Komputer merupakan syarat mutlak untuk mengakses Internet. Secara umum hardware komputer yang diperlukan dalam mengakses Internet hampir sama dengan komputer biasa. Spesifikasi komputer yang digunakan dan koneksinya melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja komputer dalam mengakses Internet. Spesifikasi komputer tersebut antara lain sebagai berikut.

a. Komputer minimal menggunakan processor 80486 DX.
b. RAM (Random Access Memory), kapasitas yang bisa digunakan kurang lebih 32 MB (MegaByte). RAM tersebut digunakan untuk menyimpan data, gambar, suara, atau program aplikasi dimana penyimpanannya bersifat sementara.
c. Harddisk, berfungsi sebagai media penyimpanan data secara magnetik.
d. VGA (Video Graphics Array) card, berfungsi untuk mengubah data yang akan ditampilkan pada monitor.
e. Monitor, merupakan perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan proses kerja dari komputer.

Selain hardware komputer yang umum, juga diperlukan beberapa hardware tambahan sehingga memungkinkan Anda mengakses Internet melalui komputer. Berikut ini beberapa hardware yang diperlukan,

a. Modem, terdiri dari modem internal dan modem eksternal. Alat ini digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain atau alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
b. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair).
c. Konektor RJ 45, digunakan sebagai penghubung kabel UTP.
d. Kabel koaksial, digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya.
e. Wireless adapter, digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Adapter ini biasanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronik.
f. Switching, digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu.
g. Router, digunhakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Perbedaan Router dibandingkan modem, roter hanya digunakan dalam server jaringan. Dalam hal ini, router dan modem merupakan satu kesatuan pada server jaringan. Pada sistem bukan jaringan tidak diperlukan router, cukup dengan menghubungkan modem untuk menghubungkan sebuah PC dengan jaringan telekomunikasi.
h. Ethernet card (LAN card), digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang terkoneksi. Ethernet card yang disebut juga dengan Network Interface Card (NIC) dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan. Jika menggunakan kabel UTP, maka diperlukan ethernet card dengan interface UTP. Jika menggunakan kabel BNC, maka diperlukan ethernet card dengan interface BNC. Ethernet card yang terdapat di pasaran saat ini adalah interface UTP dan BNC yang disebut dengan network card combo.

Ethernet card bekerja dengan menggunakan kecepatan transfer data dalam satuan bit per second (bps). Kecepatan transfer data tersebut dimulai dari 10 bps, 100 bps, dan 1000 bps. Jenis-jenis ethernet card antara lain : ethernet, fast ethernet, gigabit ethernet.

Perbedaan jenis ethernet card terdapat pada kecepatan transfer datanya. Jenis ethernet mempunyai kemampuan transfer data sebesar 10 bps. Jenis fast ethernet mempunyai kemampuan transfer data sebesar 100 bps, sedangkan jenis gigabit ethernet mempunyai kemampuan transfer data sebesar 100 bps. Di pasaran saat ini terdapat Network Interface Card (NIC) dengan kemampuan bekerja 3 speed. NIC tersebut disebut juga dengan combo adapter.

Tidak ada komentar: