Welcome to My Zone

Minggu, 30 November 2008

Sejarah Internet

Sejarah perkembangan Internet diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakarsai oleh lembaga yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet)yang pada saat itu menghubungkan empat buah komputer yang masing-masing berada di Stanford Research Institute (SRI), Universitas on California of Los Angles (UCLA), Universitah Utah Charley Kline, dan Universitas California Santa Barbara (UCSB). Saat itu, pengguna bandwith masih sekitar 50 kbps yang dimiliki oleh ATT (American Telephone and Telegraph). Kemudian pada tahun 1983, dengan ditemukannya protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) mulailah dikenal istilah Internet. Awalnya, Internet hanya digunakan untuk kepentingan akademik dan militer di Amerika saja. Namun seiring dengan perkembangan waktu, mulai tahun 1990-an Internet mulai digunakan secara meluas di kalangan masyatakat umum.

Tahun 1995, mulailah dikenal teknologi World Wide Web atau biasa disebut Web yang berfungsi untuk menggantikan FTP, yaitu teknologi untuk melakukan proses pertukaran data. Dengan teknologi ini, Internet dapat menyediakan informasi dalam bentuk multimedia. Saat ini, Internet bahkan dapat digunakan melalui telepon dan alat komunikasi mobile seperti handphone atau PDA (Personal Data Assistant) dengan menggunakan teknologi WAP (Wireless Application Protocol).

Menurut situs Internet www.internetworldstats.com, hingga pertengahan tahun 2005 pengguna internet telah mencapai 938.710.929 jiwa manusia atau sekitar 14,6% dari seluruh total jumlah penduduk dunia pada tahun tersebut.

Tidak ada komentar: